Aneka Jus Buah dan Sayuran untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

No Comments
Aneka Jus Buah dan Sayuran untuk Ibu Hamil
Pada masa kehamilan, seorang ibu hamil dituntut untuk makan dalam porsi yang banyak, karena asupan makanan bukan hanya untuk dirinya saja tapi untuk si janin juga. Padahal bukan masalah jumlah porsinya, yang terpenting adalah jumlah nutrisi dan gizinya.

Mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan bagi ibu pada masa kehamilan agar asupan gizi tetap seimbang tanpa harus makan dengan jumlah porsi yang berlebih.

Salah satu olahan buah dan sayur selain di makan langsung ataupun dimasak yaitu dengan mengolahnya menjadi aneka jus sehat yang baik dikonsumsi untuk ibu pada masa kehamilan tentunya.

Terdapat dua jenis pengolahan dalam membuat jus sehat ini. Ada yang menggunakan alat yaitu juice extractor dan ada yang menggunakan blender.

Tekstur yang dihasilkan dari kedua alat tersebut pun berbeda. Jika menggunakan alat juice extractor, tekstur yang dihasilkan cenderung encer seperti sirup, karena terdiri dari sari air dari buahnya dengan ampas terpisah.

Lain lagi jika menggunakan blender, teksturnya cenderung kental karena semua bagian buahnya dihaluskan. Jus jenis ini cenderung seperti bubur sehingga bisa disebut smoothie.
Agar nutrisi ibu hamil tetap terpenuhi, berikut ini aneka jus sehat yang terbuat dari berbagai buah dan sayur pilihan :

1. Jus Alpuket

Jus buah yang satu ini paling banyak digemari para pecinta jus. Selain rasanya yang enak, teksturnya yang lembut ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi asupan gizi, termasuk untuk ibu hamil.

Jus alpuket mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan organ tubuh, mencegah deformitas pada bayi yang akan lahir serta mencegah cacat syaraf pada janin.

Alpuket menjadi asupan kalsium yang baik bagi ibu hamil untuk membantu pembentukan tulang pada bayi.

Mengandung vitamin C yang mampu mempercepat penyerapan zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia. Karena pada masa kehamilan, seorang ibu cenderung sering mengalami anemia.

Dengan mengkonsumsi jus alpuket dapat memenuhi asupan nutrisi seperti Vitamin E yang berfungsi dalam proses metabolisme serta memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi.

Tidak hanya itu, masih banyak kandungan nutrisi dari jus alpuket untuk ibu hamil, diantaranya yaitu kaya akan Vitamin B1, B2 dan B6 serta Vitamin K.

Vitamin B1 berfungsi untuk mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil di pagi hari. Serta Vitamin B6 yang mampu mengurangi morning sickness yang biasa dialami oleh ibu hamil dan penting bagi daya tahan ibu hamil.

2. Jus Apel dan Seledri

Pada masa kehamilan, ibu hamil sering kali mengalami masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang dialami ibu hamil yaitu gangguan pada tidur.

Salah satu cara untuk mengatasi gangguan tidur tersebut yaitu dengan mengkonsumsi jus apel dan seledri. Terdengar aneh memang, namun manfaat dari jus ini ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Kandungan vitamin B, C, sodium, potassium dan magnesium pada seledri ampuh untuk menenangkan saraf sehingga dapat membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih relaks dan mudah untuk tidur.

Kandungan dari buah apelnya sendiri sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Seperti mengatasi sembelit, kaya antioksidan, mencegah sembelit, mencegah tekanan darah tinggi, membantu mengurangi keluhan kaki bengkak, menambah nafsu makan, mencegah kerusakan DNA, membantu mengatasi nyeri pada masa kehamilan, mengatasi mual pada masa kehamilan serta baik untuk diet sehat ibu hamil.

3. Jus Sayur Bayam

Bayam adalah sayuran berwarna hijau tua yang banyak diminati masyarakat. Selain murah dan mudah disajikan, sayur ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Salah satu olahan bayam yang mudah di buat adalah jus.

Walaupun terdengar aneh, namun jus ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pada masa kehamilan.
Vitamin A, C dan K yang terkandung dalam Bayam sangat baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh janin.

Bayam memiliki beta karoten yang akan diserap tubuh sebagai vitamin A.

Bayam juga memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan janin agar selamat dari cacat fisik.

Hingga dipercaya mengurangi resiko premature dan keguguran.

Kandungan lain yang tak kalah penting pada bayam adalah Nitrat yang menjaga kesetabilan tekanan darah selama masa kehamilan.

4. Jus Delima

Buah yang memiliki warna merah yang menarik ini memiliki banyak sekali manfaat. Pada masa kehamilan kandungan nutrisi pada Delima memiliki peranan penting.

Asam folat pada jus buah Delima bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin.

Selain itu, asam folat juga mencegah gangguan mental pada bayi yang dilahirkan. Yang tentunya sangat tidak diharapkan oleh keluarga manapun.

Dehidrasi selama kehamilan pun dapat di cegah dengan buah ini, karena kandungan natrium dan kalium pada buah ini sangat cukup. Sehingga zat asam dan basa pada tubuh tetap seimbang.

Pada usia tujuh bulan kehamilan, tak jarang ibu mengalami kram paa kaki, karena kaki menanggung beban yang lebih berat dari pada sebelumnya. Zat kalium pada jus buah Delima membantu mengurangi pembengkakan pada kaki karena hal tersebut.

Selain memberikan manfaat saat kehamilan, buah delima dapat mencegah pendarahan pada saat proses dan pasca melahirkan.

Zat besi pada buah ini diyakini dapat mencegah pendarahan pada saat proses melahirkan. Juga mempercepat proses penyembuhan luka pasca melahirkan jika terus dikonsumsi rutin.

5. Jus Buah Pir

Setiap ibu hamil pasti menginginkan buah hatinya lahir secara sempurna. Untuk mencegah kecacatan pada saat lahir, perlu asupan gizi yang seimbang.

Salah satu asupan yang menunjang kesehatan pada janin yaitu jus buah pir. Kandungan asam folat yang terdapat pada buah pir sangat berguna bagi ibu hamil pada masa trimester pertama.

Asam folat berfungsi untuk mencegah gangguan saraf yang akan menyebabkan kecacatan pada bayi lahir, sehingga dapat meminimalisir keterbelakangan mental.

Dapat memperlancar proses pencernaan karena mengandung banyak serat, serta kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan sel jahat pada tubuh yang dapat memicu kanker.

Dengan mengkonsumsi jus buah pir ini, Anda tidak perlu takut akan kelebihan berat badan apalagi untuk ibu hamil. Karena jus pir mengandung kadar kalori yang rendah. Selain itu, dengan mengkonsumsi jus buah ini, ibu hamil akan tetap berenergi karena kandungan karbohidrat di dalamnya.

PENTING!!!
Semua jus buah dan sayur diatas memang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama selama masa kehamilan. Namun akan berdampak buruk apabila dibuat dengan mencampurkan terlalu banyak gula.
Konsumsi gula yang berlebih dapat mengakibatkan atau rawan terkena Diabetes Mellitus Gestasional (DMG).

Dampak pada ibu hamil yang mengalami DMG tersebut yaitu gangguan ginjal, cacat lahir, keguguran, obesitas pada bayi yang dilahirkan, hipertensi dan kelainan pembulu darah.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.